Ornamen Penghias Dinding Rumah

Ornamen Penghias Dinding Rumah Yang Brfilosufi

Ornamen Penghias Dinding Rumah

Tamanjayamakmur.comOrnamen yang merupakan bagian dari batu alam, tidak semata sebagai hiasan ruang kosong dan tanpa arti, apalagi motif ornamen masa lalu. Bermacam bentuk ornamen sesungguhnya memiliki beberapa fungsi. Awalnya memang Ornamen Penghias Dinding Rumah Agar Nampak Lebih Hidup. Namun ternyata di samping sebagai bentuk hiasan, ragam motif ornamen tertentu mempunyai makna simbolik. Yaitu merupakan pencitraan falsafah hidup bagi orang-orang yang meyakininya. Sehingga benda-benda yang ditempatinya mempunyai makna yang mendalam disertai harapan-harapan tertentu bagi orang yang mempercayainya.

Ornamen Penghias Dinding Rumah
Ornamen Penghias Dinding Rumah

Bermacam bentuk ornamen sesungguhnya memiliki beberapa fungsi, yakni (1) fungsi murni estetis, fungsi murni estetis merupakan fungsi ornament untuk memperindah penampilan bentuk produk karya seni, misalnya produk meubel, keramik, tenun anyaman, peralatan rumah tangga, produk-produk kerajinan bahkan pada karya-karya arsitektur. (2) fungsi simbolis dimaksudkan sebagai pencitraan tanda-tanda, harapan-harapan atau cita-cita. Ornamen yang berfungsi simbolis biasanya terdapat pada benda-benda pusaka, benda-benda upacara atau benda-benda yang di sakralkan yang tentu saja nilai estetisnya tidak begitu saja diabaikan.

ornamen taman jaya makmur
ornamen taman jaya makmur

Ornamen Simbolis Masa Lalu

Ornamen simbolis banyak terdapat pada produk-produk seni masa lalu, biasanya yang digunakan adalah motif kala, biawak, naga, burung atau garuda. Motif kala pada gerbang candi merupakan gambaran muka raksasa atau banaspati sebagai symbol penolak bala. Biawak sebagai motif ornament diwaksudkan sebagai penjelmaan roh nenek moyang. Sementara naga atau ular sebagai simbol dunia bawah dan burung dipandang sebagai simbol dunia atas ( Sunaryo, 2009 : 5 ). Sebagai contoh fungsi simbolik terdapat pada ornament di sebuah mihrob masjid mantingan yang digunakan sebagai condro sengkolo atautiti mangsatanda masa (tahun) dibangunnya masjid mantingan. (3) fungsi estetik konstruktif, dalam hal ini ornament menjadi bagian untuk memperindah struktur konstruksi produk atau benda seni. Adanya fungsi estetik konstruktif ornamen terkait erat dengan produk yang dihiasinya, contohnya motif kuda pada karya ukir bonggol kayu jati, atau motif kepiting pada karya kursi.

Untuk jasa pembuatan, pemesanan, dan perawatan oranmen dengan berbagai baha, corak dan model, silakan hubungi kami Taman Jaya Makmur. CP M Sahwin Irfan Jamil No. Hp. 0813-2415-6879

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *